Company
profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang
memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan
sebuah bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman,
atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada
sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil, ada
beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
Setiap jenis laporan profil
perusahaan, informasi kontak selalu disertakan. Informasi kontak mungkin tidak
lebih dari sekedar alamat fisik dan surat untuk kantor pusat perusahaan, atau
mungkin termasuk nama dan alamat dari petugas atau eksekutif tertentu dari
perusahaan. Biasanya nomor telepon dan nomor faks juga dimasukkan dalam data
kontak dasar. Dalam beberapa tahun terakhir, alamat email dan informasi
umum juga dianggap penting dalam sebuah profil perusahaan.
Selain informasi kontak, profil
perusahaan biasanya mencakup beberapa informasi tentang latar belakang dan
sejarah dari bisnis yang bersangkutan. Ini termasuk data mengenai kapan
perusahaan itu dibentuk, nama-nama pendiri, dan bagaimana perusahaan tumbuh
berkembang dari pertama kali didirikan. Kadang pernulisan prosa perjalanan
jatuh bangun dari sebuah perusahaan di sangkut-pautkan dengan perkembangan
bisnis terkait pada saat terkini. Meski sebuah company profile tidak mencakup
sejarah yang sangat lengkap, hal itu seringkali telah dianggap cukup untuk
memberi pembaca gambaran tentang perusahaan tersebut melewati tahun tahun
perkembangannya.
Profil
perusahaan juga seringkali menyertakan beberapa
statistik umum berkaitan dengan status bisnis. Hal ini dapat mencakup informasi
seperti jumlah pabrik, kantor, atau operasi lain yang saat ini dimiliki
perusahaan. Selain itu jumlah karyawan disebutkan, bersama dengan nominal
statistik pendapatan yang dihasilkan selama tahun fiskal terbaru.
Profil perusahaan juga bisa
memasukkan data mengenai rencana masa depan bisnis. Profil dapat mendiskusikan
rencana untuk ekspansi masa depan dalam hal lokasi, produk atau jasa baru yang
diantisipasi akan ditawarkan dalam waktu dekat, atau rencana untuk
merestrukturisasi operasi sebagai bagian dari strategi untuk memastikan
keberhasilan lanjutan dari bisnis. Namun, profil perusahaan tidak mungkin untuk
memasukkan informasi pada setiap rencana yang belum dibahas dan disetujui oleh pemegang
saham dan pemimpin lain di perusahaan. Semua data yang ditemukan dalam profil
perusahaan dianggap dalam domain publik, dan bebas tersedia untuk siapa saja.
Banyak perusahaan memperbarui
profil mereka setidaknya sekali setahun. Hal ini penting, karena pekerja
perusahaan tersebut dapat pensiun atau pemilik bisnis memilih untuk
meninggalkan bisnisnya, atau terkadang lokasi bisnis yang kapan saja
dapat membuka dan menutup selama beberapa waktu. Dengan menjaga data, profil
dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempertimbangkan kerja sama bisnis,
transaksi bisinis, atau bahkan untuk membeli saham yang dikeluarkan oleh
perusahaan.
Fungsi
profil perusahaan sebagai :
a. Media komunikasi dan alat pemberi informasi tentang
perusahaan anda kepada pihak lain yang membutuhkan.
b. Sarana untuk memperkenalkan perusahaan dengan berbagai
media yang ada.
c. Grafik atau ikhtisar yang memberikan fakta tentang hal
hal khsus dari sebuah perusahaan untuk menunjukan idenitas atau ciri-ciri dari
perusahaan tersebut.
Comments
Post a Comment